Bimtek DPRD dan Sekretariat DPRD

Bimtek Manajemen Tata Kelola Administrasi dan Kesekretariatan DPRD yang Efektif Terbaru 2025

Bimtek Manajemen Tata Kelola Administrasi dan Kesekretariatan DPRD yang Efektif Terbaru 2025

Bimtek Manajemen Tata Kelola Administrasi dan Kesekretariatan DPRD yang Efektif Terbaru 2025

Dengan Hormat

Bimtek Manajemen Tata Kelola Administrasi dan Kesekretariatan DPRD yang Efektif bertujuan untuk meningkatkan kompetensi aparatur sekretariat dalam memberikan dukungan administratif dan pelayanan prima kepada pimpinan dan anggota DPRD. Pelatihan ini membahas pengelolaan tata naskah dinas, manajemen surat menyurat, sistem pengarsipan modern, serta prosedur pelayanan rapat dan perjalanan dinas yang sesuai dengan regulasi dan standar administrasi pemerintahan. Selain itu, peserta juga akan dibekali dengan pemahaman mengenai penggunaan teknologi informasi dalam mendukung tata kelola kesekretariatan secara digital dan terintegrasi. Dengan mengikuti bimtek ini, diharapkan Sekretariat DPRD mampu menciptakan sistem kerja yang tertib, efisien, transparan, dan akuntabel. Bimtek ini sangat relevan untuk mendukung kelancaran fungsi legislasi, penganggaran, dan pengawasan DPRD, sekaligus meningkatkan profesionalisme serta pelayanan birokrasi kepada legislatif dan masyarakat

Materi Bimtek Manajemen Tata Kelola Administrasi dan Kesekretariatan DPRD yang Efektif Terbaru 2025

šŸ—‚ļø 1. Pengantar Manajemen Kesekretariatan DPRD

  • Fungsi dan peran strategis Sekretariat DPRD

  • Struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sekretariat


šŸ“‹ 2. Tata Naskah Dinas dan Manajemen Surat Menyurat

  • Standar penulisan surat dinas pemerintahan

  • Tata cara pengelolaan surat masuk dan keluar

  • Pemanfaatan teknologi informasi dalam surat-menyurat (e-office)


šŸ“ 3. Sistem Pengelolaan Arsip dan Dokumentasi

  • Pengelompokan arsip aktif, inaktif, dan permanen

  • Penerapan klasifikasi arsip dan jadwal retensi arsip (JRA)

  • Digitalisasi dan pengamanan arsip legislatif


🧾 4. Administrasi Rapat, Notulensi, dan Tata Usaha Pimpinan

  • Prosedur penyusunan undangan, agenda, dan risalah rapat

  • Etika dan teknik notulensi yang profesional

  • Dukungan administratif untuk alat kelengkapan DPRD


🧳 5. Manajemen Perjalanan Dinas DPRD

  • Prosedur administrasi perjalanan dinas dalam/luar daerah

  • Tata kelola SPJ, surat tugas, dan laporan hasil perjalanan

  • Kepatuhan terhadap regulasi anggaran dan akuntabilitas belanja


šŸ’» 6. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Administrasi Sekretariat

  • Penerapan aplikasi e-office, e-arsip, dan SIM administrasi DPRD

  • Digitalisasi pelayanan sekretariat dan pengurangan dokumen fisik


šŸ“Š 7. Evaluasi Kinerja Administrasi dan Pelayanan Kesekretariatan

  • Penyusunan laporan kinerja dan indikator capaian layanan

  • Penilaian efektivitas pelayanan administrasi internal


āš–ļø 8. Etika Profesi, Disiplin, dan Pelayanan Prima Aparatur Sekretariat

  • Etika birokrasi dan loyalitas terhadap lembaga

  • Komunikasi pelayanan dan peningkatan citra institusi

PEMATERI/ TRAINER /NARASUMBERĀ 

Pelatihan/Bimtek /Diklat ini akan diberikan oleh Trainer dari kalangan Kementrian Praktisi, Akademisi dan Konsultan berpengalaman di bidangnya masing-masing Dan Tersertifikasi BNSP. Sebelum pelatihan berlangsung Anda juga dapat berkomunikasi dengan tim training kami untuk menentukan outcome/ kompetensi yang ingin Anda capai setelah mengikuti pelatihan ini

METODE Bimtek Manajemen Tata Kelola Administrasi dan Kesekretariatan DPRD yang Efektif Terbaru 2025

Materi yang akan disampaikan dalam training menggunakan metode yang terdiri dari presentasi 20% , Diskusi 20%, dan Praktek kurang lebih 60 % dari keseluruhan materi pelatihan yang akan disampaikan oleh pemateri kami.Ā  Namun jika dirasa metode ini kurang tepat untuk Tim dan Instansi /Perusahaan Anda, tidak perlu sungkan untuk mendiskusikan hal ini kepada tim training kami sehingga kompetensi yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan Perusahaan tempat Anda bekerja.

LOKASIĀ PELATIHANĀ 

Training,BimtekĀ  ini dilaksanakan di beberapa kota-kota besar di Indonesia seperti Ibukota DKI Jakarta, Bandung, Bali, Yogyakarta, Malang, Surabaya, LombokĀ  Batam.Medan ,Makassar ,Samarinda ,Balikpapan,BanjarMasing ,Sorong,Palu,Semarang ,Lampung ,Palembang,Padang Jika Anda membutuhkan pelatihan di kota lain silahkan menghubungi tim marketing kami

FASILITAS PELATIHAN PESERTAĀ 

  • FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
  • FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
  • Module / Handout
  • FREE Flashdisk
  • Sertifikat
  • FREE Bag or bagpack (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive

INFORMASI PENDAFTARAN DAPAT MENGHUBUNGIĀ 

  • Ibu Ayu : 0822. 9990. 1557
  • Ibu.Sri : 0822. 4040. 6577




author-avatar

Tentang Bimtek Platindo

Platindo adalah Pusat pelatihan yang yang bergerak dibidang riset, pengkajian bimbingan teknis, diklat, workshop, sertifikasi, pelatihan dan pendidikan non formal. Platindo didirikan sebagai pengembangan sumber daya manusia (SDM) terutama dibidang pendidikan. Baik bagi pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta & mahasiswa.

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan