Bimtek Manajemen Tata Kelola Administrasi dan Kesekretariatan DPRD yang Efektif Terbaru 2025
Dengan Hormat
Bimtek Manajemen Tata Kelola Administrasi dan Kesekretariatan DPRD yang Efektif bertujuan untuk meningkatkan kompetensi aparatur sekretariat dalam memberikan dukungan administratif dan pelayanan prima kepada pimpinan dan anggota DPRD. Pelatihan ini membahas pengelolaan tata naskah dinas, manajemen surat menyurat, sistem pengarsipan modern, serta prosedur pelayanan rapat dan perjalanan dinas yang sesuai dengan regulasi dan standar administrasi pemerintahan. Selain itu, peserta juga akan dibekali dengan pemahaman mengenai penggunaan teknologi informasi dalam mendukung tata kelola kesekretariatan secara digital dan terintegrasi. Dengan mengikuti bimtek ini, diharapkan Sekretariat DPRD mampu menciptakan sistem kerja yang tertib, efisien, transparan, dan akuntabel. Bimtek ini sangat relevan untuk mendukung kelancaran fungsi legislasi, penganggaran, dan pengawasan DPRD, sekaligus meningkatkan profesionalisme serta pelayanan birokrasi kepada legislatif dan masyarakat
Materi Bimtek Manajemen Tata Kelola Administrasi dan Kesekretariatan DPRD yang Efektif Terbaru 2025
šļø 1. Pengantar Manajemen Kesekretariatan DPRD
-
Fungsi dan peran strategis Sekretariat DPRD
-
Struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sekretariat
š 2. Tata Naskah Dinas dan Manajemen Surat Menyurat
-
Standar penulisan surat dinas pemerintahan
-
Tata cara pengelolaan surat masuk dan keluar
-
Pemanfaatan teknologi informasi dalam surat-menyurat (e-office)
š 3. Sistem Pengelolaan Arsip dan Dokumentasi
-
Pengelompokan arsip aktif, inaktif, dan permanen
-
Penerapan klasifikasi arsip dan jadwal retensi arsip (JRA)
-
Digitalisasi dan pengamanan arsip legislatif
š§¾ 4. Administrasi Rapat, Notulensi, dan Tata Usaha Pimpinan
-
Prosedur penyusunan undangan, agenda, dan risalah rapat
-
Etika dan teknik notulensi yang profesional
-
Dukungan administratif untuk alat kelengkapan DPRD
š§³ 5. Manajemen Perjalanan Dinas DPRD
-
Prosedur administrasi perjalanan dinas dalam/luar daerah
-
Tata kelola SPJ, surat tugas, dan laporan hasil perjalanan
-
Kepatuhan terhadap regulasi anggaran dan akuntabilitas belanja
š» 6. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Administrasi Sekretariat
-
Penerapan aplikasi e-office, e-arsip, dan SIM administrasi DPRD
-
Digitalisasi pelayanan sekretariat dan pengurangan dokumen fisik
š 7. Evaluasi Kinerja Administrasi dan Pelayanan Kesekretariatan
-
Penyusunan laporan kinerja dan indikator capaian layanan
-
Penilaian efektivitas pelayanan administrasi internal
āļø 8. Etika Profesi, Disiplin, dan Pelayanan Prima Aparatur Sekretariat
-
Etika birokrasi dan loyalitas terhadap lembaga
-
Komunikasi pelayanan dan peningkatan citra institusi
PEMATERI/ TRAINER /NARASUMBERĀ
Pelatihan/Bimtek /Diklat ini akan diberikan oleh Trainer dari kalangan Kementrian Praktisi, Akademisi dan Konsultan berpengalaman di bidangnya masing-masing Dan Tersertifikasi BNSP. Sebelum pelatihan berlangsung Anda juga dapat berkomunikasi dengan tim training kami untuk menentukan outcome/ kompetensi yang ingin Anda capai setelah mengikuti pelatihan ini
METODE Bimtek Manajemen Tata Kelola Administrasi dan Kesekretariatan DPRD yang Efektif Terbaru 2025
Materi yang akan disampaikan dalam training menggunakan metode yang terdiri dari presentasi 20% , Diskusi 20%, dan Praktek kurang lebih 60 % dari keseluruhan materi pelatihan yang akan disampaikan oleh pemateri kami.Ā Namun jika dirasa metode ini kurang tepat untuk Tim dan Instansi /Perusahaan Anda, tidak perlu sungkan untuk mendiskusikan hal ini kepada tim training kami sehingga kompetensi yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan Perusahaan tempat Anda bekerja.
LOKASIĀ PELATIHANĀ
Training,BimtekĀ ini dilaksanakan di beberapa kota-kota besar di Indonesia seperti Ibukota DKI Jakarta, Bandung, Bali, Yogyakarta, Malang, Surabaya, LombokĀ Batam.Medan ,Makassar ,Samarinda ,Balikpapan,BanjarMasing ,Sorong,Palu,Semarang ,Lampung ,Palembang,Padang Jika Anda membutuhkan pelatihan di kota lain silahkan menghubungi tim marketing kami
FASILITAS PELATIHAN PESERTAĀ
- FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
- FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
- Module / Handout
- FREE Flashdisk
- Sertifikat
- FREE Bag or bagpack (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
- FREE Souvenir Exclusive
INFORMASI PENDAFTARAN DAPAT MENGHUBUNGIĀ
- Ibu Ayu : 0822. 9990. 1557
- Ibu.Sri : 0822. 4040. 6577